Saya yakin dari kalian telah memiliki PC ataupun laptop sendiri. Setalah membeli PC pastinya hal yang wajib kalian lakukan adalah menginstal OS (windows maupun linux). Beberapa software telah disediakan oleh OS di dalamanya. Namun software - software tersebut terakadang tidaklah cukup ataupun kurang memuaskan untuk menemani keseharian kita dalam bermain komputer. Nahh kali ini saya akan memberi saran mengenai beberapa software yang akan kalian butuhkan ketika membeli sebuah PC baru (selain OS dan driver) , khususnya bagi PC pengguna windows.

1. Aplikasi Office
   Ini adalah aplikasi terpenting buat saya, khususnya untuk mengerjakan tugas sekolah. Jika anda tidak mempunyai cukup uang untuk membeli MS. Office, kalian bisa menggunakan software gratisan seperti Libre Office, Open Office, Kingsoft Office.

2. Media Player Code
   Windows menyertakan Windows Media Player sebagai media pemutar musik dan video. Namun, kadang - kadang beberapa format video dan musik tidak didukung oleh WMV. Solusinya yaitu mendownload codec untuk media player. Sebenarnya banyak sekali codec yang beredar di internet, namun saya lebih merekomendasikan K-Lite Codec Pack untuk PC kalian.

3. Anti Virus
   Tak dipungkiri bahwa OS Windows sering sekali diserang oleh virus dan malware. Windows defender saja belum cukup untuk melindungi PC kalian. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunkan antivirus tamabahan seperti Avira, Avast, AVG dll. Dan jangan lupa untuk selalu mengupdate antivirus anda

4. Browser
   Aplikasi yang satu ini sebenarnya juga telah disediakan secara default oleh windows. Kalian tentu mengenal Internet Explorer kan? Namun kebanyakan orang kurang puas terhadap browser yang satu ini. Solusinya kalian bisa gunakan Mozilla Firefox, Google Chrome dll.


5. Unzip/Unrar Software
   Pernakanh kalaian mendapati sebuah file dengan format berbentuk .zip .rar .tar dan sebagainya. Itu semua adalah file hasil kompresan. Untuk membuka file tersebut kalian bisa menggunakan software unzip/unrar. Beberapa diantaranya adalah WinRAR, WinZip, 7-Zip.

6. Flash Player
   Beberapa konten di internet terkadang membutuhkan dukungan flash player. Flash Player sebenarnya merupakan plugin yang dibutuhkan browser kalian. Saya sangat merekomendasikan Adobe Flash Player untuk PC kalian.

7. PDF Reader
   Beberapa media cetak terkadang dipublikasikan dalam bentuk digital yang berformat .pdf. Untuk itu wajib bagi kalian untuk memiliki Software PDF Reader. Beberapa diantaranya adalah Adobe Reader dan Foxit Reader.

Nahh diatas adalah beberapa software yang minimal kalian punyai di PC baru kalian atau mungkin PC yang baru saja reinstall OS (tentu isinya kembali kosong bukan?). Namun saya hanya fokuskan ke software yang benar - benar penting dan dibutuhkan untuk PC kalian dan juga kebanyakan gratis. Untuk software lainnnya yang saya rekomendasikan untuk kalian bisa dilihat di artikel selanjutnya.